Minat Buka Usaha Kuliner ? Mari Kuasai Cara ini !

Ada yang sudah pernah membuka usaha kuliner namun gagal ? atau masih ada sebagian dari kalian pemula akan tetapi, memiliki tekad tinggi untuk membuka usaha kuliner ini ? jika dirasa seperti itu, berarti serahkan saja semua tugasnya ke kami. Karena, dalam hal ini kami akan langsung menjelaskan mengenai apa saja hal yang harus kalian lakukan dalam cara awal memulai bisnis kuliner bagi kalian yang belum ahli dalam dunia kuliner. 

Sebenarnya ini sendiri menjadi langkah yang mana sulit jika memang, kalian langsung saja memulai membuka bisnis kuliner tersebut. Kira-kira jika ini terjadi, pemula akan memulai bisnis apa ? jenis makanan apa yang ingin dibuka dan dikembangkan ? apakah sudah tahu situasi dan kondisi dalam dunia kuliner ? tentu saja bagi seorang pemula, yang notabennya tidak memiliki skill kuliner akan jauh merasakan kesulitan dalam memulai bisnis. Terlebih lagi jika memang benar mereka ini tidak memiliki modal yang pas, sudah lebih rumit lagi jadinya. 

Lantas, bagaimana caranya bisa survive dan memulai bisnis kuliner bagi sang pemula yang tidak ada keahlian dan tidak memiliki pengalaman sebelumnya dalam bidang kuliner ? kira-kira seperti inilah yang memang harus bisa kalian lakukan sebagai pemula di dalam bidang kuliner. 

Rajin dalam Menikmati Kuliner serta Memahami Konsep Bisnis

Di awal-awal, kalian memang harus beradaptasi dengan memulai pembelajaran dini lebih dahulu. Pembelajaran yang bisa kami expose ke kalian semua perihal kuliner ini dengan langsung mengunjungi berbagai makanan ataupun kuliner untuk setidaknya bisa mencari ide bisnis. Kita bisa ambil contoh dari anak pak Presiden Joko Widodo yakni Mas Kaesang Pangarep, dimana dirinya tidak sampai benar-benar terjun kedalam dunia bisnis akan tetapi bisa menekuni usaha bisnis Nugget Pisang yang endul dan laris dimana-mana. Hal ini memang dilakukan oleh Mas Kaesang yang bekerja sama dengan seorang ahli memasak, dan ikut serta dalam sedikitnya mempelajari cara beradaptasi dari bisnis kuliner. 

Mengapa harus diawali dengan memulai pengetahuan dari Konsep Berbisnis lebih dahulu ? hal ini memang kami ambil dari banyaknya pebisnis yang mana berhasil dalam mebangun dan mengembangkan bisnisnya dari penggunaan konsep awal yang mereka semua dirikan. Hal ini banyak yang mengatakan sebuah kebetulan, karena apa yang mereka dirikan kebetulan benar-benar sejalan dan mencapai puncak kesuksesan. Jadi, buat pembelajaran kalian harus bermain dengan konsepnya lebih dahulu. 

Mulai Belajar Bisnis Secara Umum Dahulu 

Seperti apa si pemahaman dari belajar berbisnis ? apakah pemahaman ini sudah termasuk pada praktek yang sesungguhnya ? dalam hal ini sebisa mungkin kalian harus bisa mempraktekan sebisa mungkin sesuai dengan pembelajaran yang kalian sudah dapatkan. Sebagai contoh ingin membuka bisnis pisang coklat leleh, maka disini kalian harus mencari stok pisang yang banyak namun tetap sesuai budget dan mencari kira-kira 1 pack coklat yang enak dan mudah ditemukan ada dimana ? dengan catatan ini maka kalian nantinya bisa memulai bisnis tersebut dengan patokan utama dari bahan-bahan dasar ini. 

Hal ini tentu saja masih harus dalam pengawasan dari pembelajaran secara teori mengenai bisnis dan juga marketing agar nantinya praktek yang dijalankan terstruktur dan juga terarah. Hal ini sudah banyak diabaikan oleh para pemula yang pada akhirnya mereka semua banyak yang salah dalam mempraktekkannya. Andai saja mereka semua mengetahui ini lebih dahulu, bisa dipastikan mereka semua tidak akan kehilangan arah dalam mengembangkan konsep bisnis yang sudah mereka miliki ini. Setidaknya dari pembelajaran ini kalian harus mengetahui cara memanajemen produk dengan baik, manajemen marketing seperti apa, lalu manajemen operasional yang bergerak seperti apa, jangan lupa pemilihan karyawan yang tepat akan mendukung faktor perekonomian dari perusahaan berjalan dengan sangat lancar. 

Memulai dengan Berjualan Online baru Toko Resmi 

Untuk pemula, cobalah pertama kali keberuntungan pada pemakaian produk kalian yang terjual dengan sistem online. Dimana, dengan sistem online pada aplikasi Gojek atau Marketplace yang ada pasti akan membawa profit yang lumayan besar. Apalagi ini tergolong usaha makanan, sudah pasti banyak peminatnya ( jika apa yang kalian jual memiliki nilai jual tidak terlalu tinggi dan rasanya juga ciamik ). 

Jika kalian memulai bisnis makanan ini pada makanan kemas online, maka dimulai dengan kalian menyiapkan semua stok produk yang akan kalian jual, lalu lihatlah bagaimana baiknya tingkat penjualan yang ada, serta memahami peraturan yang diterapkan jika semisal kalian memiliki stok produk yang kurang atau ketika di pesan sedang habis. Jika nantinya kalian sudah laris memulai penjualan makanan ini dari sistem online, maka bukalah toko kecil kalian secara resmi. Jadinya, tidak hanya dengan online usaha makanan kalian bisa juga didatangi oleh para konsumen kalian yang lainnya. 

Coba Keuntungan atau Waralaba dari Harga yang Murah 

Saat ini banyak juga waralaba yang membuka harga dari 2 hingga 5 juta saja. Disini kalian bisa kok dengan mudah mencobanya. Tentu saja dalam hal ini masuk kedalam kategori modal untuk pembelian hak usaha. Kalian belum masuk pada permodalan operasional. Yang paling penting setelah kalian minat , maka disini tugas kalian harus mengurus waralaba itu sendiri dengan sebaik mungkin. Cara paling mudah untuk memulai bisnis yang baik ini dari mencoba menjadi pedagang lalu penjual. 

Cara benar dalam memilih waralaba agar kalian tidak membuang uang yang ada dengan percuma : 

1. Kalian bisa memastikan untuk langsung memilih waralaba yang produknya sudah banyak dikenal seperti halnya Nugget, Ayam, Indomie, Telur, Daging Sapi atau Kambing Dll. 

2. Kalian bisa memastikan produk ini sekiranya laris di pasaran. 

3. Bahan baku harus bersih, fresh, stok selalu ready, penempatan produk yang bagus agar nantinya tidak kalah saing.

4. Jangan lupa, panduan dari cara mengelola produknya ini juga tertulis dengan jelas ke tangan konsumen yang ada. 

Itulah sedikitnya beberapa informasi yang bisa kami berikan sebelum anda semua berhasil memulai bisnis kuliner yang ada. Gomawo buat kalian yang sudah membaca artikel ini.